Monday, February 1, 2010

VIVAnews - Mozilla akhirnya menghadirkan versi penuh dari browser mobile Firefox pertama mereka. Browser berbasis open source tersebut ditujukan untuk berjalan di platform Maemo, sistem operasi milik ponsel Nokia.

Memiliki kode nama Fennec, Firefox 1.0 for Maemo sebelumnya sudah tersedia dalam versi beta.

Mozilla menyebutkan bahwa versi terbaru ini merupakan browser web mobile pertama yang mampu mengakomodasi add on, layaknya browser versi desktop. Saat ini lebih dari 40 add on tersedia untuk platform mobile, termasuk AdBlock Plus, ekstensi browser Firefox yang paling populer.

Mobile Firefox pertama ini, seperti VIVAnews kutip dari Reghardware, 1 Februari 2010, menawarkan Awesome Bar. Fitur tersebut merupakan jalan pintas untuk kembali ke situs yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Selain itu, tersedia pula tool Weave Sync untuk sinkronisasi bookmark dan setting Firefox lain yang ada di komputer atau ponsel lain, dan juga fasilitas tab seperti pada Firefox untuk komputer.

Beberapa hari lalu, saat Mozilla menghadirkan versi Release Candidate 3 dari Firefox mobile 1.0, dukungan untuk plug-in Adobe dihapuskan. Pasalnya, itu akan menurunkan performa browser ke titik di mana performa tersebut tidak memenuhi standar. Meski demikian, Mozilla mendorong pengguna untuk menginstall add-on YouTube Enabler agar mereka bisa menyaksikan video Google di browser itu.

Browser mobile ini ditujukan untuk sistem operasi Maemo 5. Artinya, ponsel yang dapat menggunakan browser ini hanyalah Nokia N900. Satu-satunya perangkat lain yang bisa memakai Firefox mobile 1.0 adalah Nokia N810, tablet internet.

Versi Fennec untuk Windows Mobile saat ini sedang dalam tahap alpha testing. Selain itu, tersedia pula browser Firefox untuk platform Google Android.

Meski demikian, Mozilla tidak berniat membuat browser untuk iPhone. Pasalnya, Apple sendiri tidak memperkenankan kode buatan pihak yang tidak ia inginkan dipasang di ponsel buatan mereka.

Sumber : VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

 

Hyato_Mahasiswa Malang