Tuesday, February 2, 2010

Hacker China Jebol Akun Gmail Milik Jurnalis

BEIJING - Sejumlah jurnalis media internasional di China mengaku bahwa akun email di Google miliknya telah diserang hacker. Serangan tersebut hampir mirip dengan yang dialami aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) beberapa waktu lalu.

Serangan hacker China terhadap akun-akun gmail inilah yang memicu perseteruan antara Google dengan pemerintah China yang berujung pada keinginan Google mundur dari negeri tirai bambu.

Organisasi jurnalis internasional yang tergabung dalam Foreign Correspondents' Club of China telah mengingatkan para anggotanya, pekan lalu email Google milik dua anggota yang merupakan koresponden kantor berita internasional di China telah dibobol. Secara diam-diam email-email milik jurnalis telah diteruskan (forward) secara otomatis ke alamat email tertentu.

Meskipun tak diketahui secara pasti, tapi satu dari dua email yang dibobol merupakan akun email milik jurnalis Associated Press.

John Daniszewski, Senior Managing Editor Associated press menyesalkan terjadinya kasus tersebut dan menyatakan bahwa AP akan segera melakukan penyelidikan untuk memastikan jika semua informasi-informasi vital aman dan tak disalahgunakan.

Organisasi jurnalis Internasional di China juga telah mengingatkan seluruh anggotanya untuk waspada dan melindungi akun email serta jaringan komputernya dari serangan hacker.

"Kami mengingatkan kepada semua rekan jurnalis di China bahwa sejak dua tahun terakhir jurnalis menjadi target serangan Hacker, tolong berhati-hati jika anda meng-klik sesuatu, dan lakukan pemindaian virus secara rutin," demikian pesan yang disampaikan Foreign Correspondents' Club of China CBS news, Selasa (19/1/2010). (srn)

Sumber : okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 

Hyato_Mahasiswa Malang