Thursday, February 4, 2010

Dasar Pemrograman Berbasis Web II (CSS)

CSS adalah kepanjangan dari Cascading Style Sheets, yaitu sebuah halaman terpisah dari halaman web yang dipergunakan untuk pengaturan komponen style seperti font, warna, layout dan sebagainnya. CSS bekerja sebagai pelengkap pada HTML. Jika anda baru mempelajari HTML, maka cobalah untuk sekaligus belajar CSS. Dan anda akan terkejut dengan hasilnya..!!
CSS memungkinkan web developer untuk memisahkan HTML dari aturan-aturan untuk membentuk tampilan sebuah website. Tapi terkadang, banyak orang yang baru belajar HTML, menganggap remeh kekuatan dan fleksibilitas dari sebuah css.

Fungsi CSS
1. Dengan memperggunakan CSS memungkinkan mendapatkan file yang kecil.Dengan mempergunakan CSS, akan diperoleh file hasil web design lebih kecil.Hal ini karena pengaturan style oleh CSS dibuat secara terpisah dan di import ke dalam file utama.
2. Kecepatan Acess akan jauh lebih cepat.Dari keterangan diatas, maka akan diperoleh file yang jauh lebih kecil. Hal ini berarti juga akan mempercepat acces untuk membuka halaman website.
3. Lebih mudah untuk mengontrol style dari seluruh halaman website. Dengan menggunakan CSS akan sangat mempermudah mengotrol style dari seluruh halaman web site. Hal ini dikarenakan kita hanya merubah satu halaman untuk merubah seluruh style dari sebuah website.
4. CSS memungkinkan menyembunyikan content dari browser, tapi masih di index oleh google.CSS memungkinkan kita menyembunyikan Content dari halaman website dari browser, tetapi memungkinkan masih dibaca oleh google. Hal ini tidak kami maksudkan untuk tujuan search engine spaming, tetapi dikarenakan oleh hal lain. Misalnnya anda menghendaki sebuah content untuk disembunyikan dari browser, tatapi masih bisa nampak ketika diprint, atau sebaliknnya.

Komponen CSS
1. Class dan ID
Class telah dibahas sedikit pada bagian sebelumnya. Yakni digunakan sebagai flag atau menggolongkan format yang sama. Jadi apabila menginginkan format yang sama tinggal memanggil class tersebut. Disamping itu ada tipe identifier lainnya yang dapat dipergunakan di CSS, yakni id. Kita dapat menggunakan Class dan ID dengan cara yang sama.
2. Subclass
Komponen lain yang dapat digunakan di dalam CSS adalah subclass, subclass terletak di dalam class, digunakan apabila dalam satu class terdapat beberapa tag yang formatnya berbeda. Jadi satu subclass akan
memberikan style format pada sebuah tag yang ada pada sebuah dokumen HTML.

0 comments:

Post a Comment

 

Hyato_Mahasiswa Malang