Tuesday, February 2, 2010

Cara Membagi Bandwidth Tanpa Menggunakan Software

Sebenar nya, ada beberapa software juga yang dapat kita gunakan untuk membatasi pemakaian bandwidth pada tiap komputer client, tapi cara ini belum dapat menjamin 100% bandwidth komputer client di warnet terbagi secara adil.


Nah, cara yang akan saya gunakan adalah dengan cara mensetting % penggunaan bandwidth client yang di setting melalui windows itu sendiri.
Cara nya adalah sebagai berikut:
1. Klik start ==> run
2. Lalu ketik gpedit.msc, Kemudian setelah itu keluar kotak “Group Policy”
3. Di “ Computer Configuration “, Pilih “Administrative Templates“
4. Lalu pilih “ Network “
5. Klik pada “QoS Packet Scheduler “
6. Setelah itu Pilih Pada “ Limit reservable Bandwidth “
7. Pilih dari “ Not Configured “ menjadi “ Enable “
8. Setelah itu Pada tabel bawah pada tulisan “ Bandwidth Limit % “ Ubah Dari “20” Menjadi “80 atau 20”, Lalu “Apply” , “ OK “. setting ini tergantung dari jumlah komputer, jika kita mau setting setiap komputer dapet bandwith 10% maka kita tinggal masukan angka 90%, bila setiap komputer ingin kita set dapat 20% maka tinggal kita masukan angka 80%.
semoga membantu.
 Sumber : http://hasiaulia.net/

32 comments:

Lisa Patanduk on August 21, 2010 at 12:01 AM said...

gimana untuk vista n 7 bro?gpedit.mscx g masuk tu..

dwipriyatmoko on August 21, 2010 at 4:43 AM said...

Anda apa pake windows7 nya yang home ato starter? karna setauku n yang pernah saya pake windows7 ato vista yang seri profesional, atao ultimate kalau kedua tipe itu sepertinya ada kok gpedit.msc nya. terima kasish atas kunjungannya

Lisa Patanduk on August 24, 2010 at 7:03 PM said...

pake yg 7 home premium bro...trus crax gmn?apa ada softwear pengatur bandwidth tertentu yang di khusukan untuk client..klo ada di share ya..

dwipriyatmoko on August 25, 2010 at 3:54 AM said...

Iya kemungkinan untuk seri itu tidak tersedia gpedit.msc nya, jadi pindah ke yang profesional atau ultimate aja. Kalau memang sudah tidak ada, ya mungkin pakai software juga bisa, namanya softwarenya kalau gak salah Bandwidth Controller. Namun sampai saat ini saya tidak menemukan yang seri full, karna ya saya belum butuh...untuk carinya silahkan googling aja. Terimakasih

Phisey Edogawa Ensteins on November 14, 2010 at 1:44 AM said...

numpang nanya bos kalo saya kan pake yg pkt 1Mb nah komputer disini tuh ada 10, kalo semua nya pngn dpt 10% di bagi nya menjadi 90 ya boss ?satu satu di setting 90% semua nya ?? ato gimna ??

dwipriyatmoko on November 19, 2010 at 10:08 PM said...

yup settingnya harus satu per satu dari komputer...

Bronx on December 3, 2010 at 7:45 PM said...

klw bwt 2 komputer,,byar adil harus d ksih berapa % ya..??
mohon bantuannya ..
trima kasih

dwipriyatmoko on December 3, 2010 at 8:24 PM said...

kasih aja 50 % bos

Belajar bikin Blog on December 11, 2010 at 9:33 PM said...

thanks, ini sangat membantu mas.....
saya lagi buka warnet kecil2an di kost....

dwipriyatmoko on December 12, 2010 at 5:59 PM said...

oke, semoga membantu bos

Anonymous said...

Thanks buat artikel nya bosss.. sangat membantu..

dwipriyatmoko on February 23, 2011 at 6:34 AM said...

oke, terima kasih atas kunjungannya

Edi Puspito on March 12, 2011 at 6:27 PM said...

Kalau saya pakai 1Mb , ad 7 Komputer settingan yang benar di isi berapa % ya ??

Edi Puspito on March 12, 2011 at 6:27 PM said...

Kalau saya pake yang 1Mb , mau sya share ke 7 komputer, settingan yang benar tiap komputer dikasih berapa % ya ?

dwipriyatmoko on March 24, 2011 at 6:06 AM said...

u/ EdopNet: settinga aja menjadi 85% agar tiap komputer mendapat jatah 15%

Firman Alamsyah on March 26, 2011 at 12:42 PM said...

Thanks Bro Gwa Suka GAya LO

Unknown on April 28, 2011 at 10:19 AM said...

mas..mau tanya..saya pakai 2 mbps...klo mau share ke 10 client supaya ngga ada yang macet..lebih baik settingannya di bikin berapa ya?terima kasih

joeny Andrean on May 1, 2011 at 12:38 AM said...

permisi mas...
kalo ane saat ne pake 7 client ama 1 server..
paket 2 mb... settingnya dikasih berapa ya mas...?
trus,, habis disetting,,, cpu perlu di restart gk?

joeny Andrean on May 2, 2011 at 12:57 AM said...

kalo untuk paket 2mb , share ke 8 cpu (termasuk cpu server) nyetingnya dikasih berapa mas???
trus habis diset,,, cpu perlu direstar gk???

dwipriyatmoko on May 11, 2011 at 2:56 PM said...

kan udah ane jelasin gan di atas...tinggal bagi aja...

dwipriyatmoko on May 11, 2011 at 2:57 PM said...

tinggal di bagi aja gan...gak perlu restart gan...

Royal Net on June 29, 2011 at 3:34 AM said...

Misi gan aku mau tanya.
aku pake windows xp tapi “QoS Packet Scheduler “ nya kok ga ada ya?? di Network ada nya Ofline Files sama Network Connections.
nah “QoS Packet Scheduler “ ada nya di mana ya?? mohon bantuan nya Gan Thx

yantie on July 4, 2011 at 1:38 PM said...

sy sgt tertarik dgn artikel anda ini, tp msh bingung... klo misal kita langganan 2mb dr speedy utk 10 klien trus kita limit jd 90%.. berarti tiap klien dapet 10% dr bandwith itu ya? nah klo yg dipake cuman 4 klien apakah tiap klien tetep dpt jatah 200kbps (10% dr 2mb) atau 500kpbs (2mb : 4 klien)... makasih sebelumnya

satria on July 5, 2011 at 10:12 PM said...

hi mas dwi, ada beberapa pertanyaan nih masalah pembagian bandwidth, saya pake speedy dan dibagi dua pake switch, nah kadang ada temen ikutan make jadi kan biar adil di isi 67%. nah masalahnya klo temen saya pulang kan jadi dua komputer yg make speedy padahal settingannya sudah adil masing2 33%. pertanyaannya yg 33% kan jadi mubadzir mas?terus solusinya gmn?mohon penjelasannya.
thx sebelumnya mas dwipriyatmoko semoga mas makin sukses

dwipriyatmoko on July 15, 2011 at 9:42 PM said...

@yantie : yup benar...semoga artikel ini membantu anda...tetapi perlu di tekankan, ini trik tidak begitu menjadi hal yang sangat berpengaruh...ini hanya sedikit trik yang pengaturannya tidak menggunakan software laen...

@satria : jangan di pikir terlalu nemen, pembagian bandwith melalui trik ini tidak begitu terasa signifikan, karena ini hanya mensetting bandwith melalui sitem port communication dari windows..

Quh12 on July 17, 2011 at 10:42 AM said...

misi mas bro..saya mau tanya nih (maklum Newbie..hehehehe)!!
warnet saya pake paket Family dengan kecepatan 1 Mbps..warnet saya menggunakan 6 PC termasuk Server. 3 Client saya gunakan buat main PB dan sisanya saya gunakan buat browsing biasa. nahh..yang jadi pertanyaan saya..gimana pembagian Bandwidthnya??
sedangkan saya baca di atas kalau buat game PB itu bandwidthnya harus 256 Kpbs..gimana saya bagi Bandwidthnya mas?? apakah saya harus setting berbeda pada client yang buat maen PB sama yang buat Browsing biasa??
tolong pencerahannya mas Bro :)
saya menunggu dengan setia jawaban.
thanks.

Quh12 on July 17, 2011 at 10:43 AM said...

misi mas bro..saya mau tanya nih (maklum Newbie..hehehehe)!!
warnet saya pake paket Family dengan kecepatan 1 Mbps..warnet saya menggunakan 6 PC termasuk Server. 3 Client saya gunakan buat main PB dan sisanya saya gunakan buat browsing biasa. nahh..yang jadi pertanyaan saya..gimana pembagian Bandwidthnya??
sedangkan saya baca di atas kalau buat game PB itu bandwidthnya harus 256 Kpbs..gimana saya bagi Bandwidthnya mas?? apakah saya harus setting berbeda pada client yang buat maen PB sama yang buat Browsing biasa??
tolong pencerahannya mas Bro :)
saya menunggu dengan setia jawaban.
thanks.

doyseta on January 4, 2012 at 9:22 AM said...

cara menghitung nya gimana mas..? 3Mb di pake 56 kompijdi berapa % kebagina....

Lani andri Pujama,3BB on April 29, 2012 at 2:21 AM said...

oom law wireless bsa dibagi pake ini gak?

Hangga Arif Setiawan on July 2, 2012 at 5:56 PM said...

gan saya pake speedy 1Mb..usernya ada 9, 6 buah pake ncomputing yang 3 pake PC..baginya bandwidth gimana ya gan..makasih banget sebelumnya..

Pansera Oktasedu on July 11, 2013 at 8:00 PM said...

Mau nanya nih om, kalo limiter ini buat semua PC yg terhubung sm PC Server aja ??
Kalau misalkan PC lain connectnya via Modem Wireless gmn ???
Mohoh Pencerahannya om :)

Unknown on January 11, 2014 at 12:27 PM said...

gan setingnya harus satu pesatu apa cukup operator saja

Post a Comment

 

Hyato_Mahasiswa Malang