Tuesday, February 2, 2010

Phenom II X6, Berada di Jalur AMD


CALIFORNIA - Selepas AMD memperkenalkan platform yang menggunakan arsitektur 45nm, yang diberi nama Leo, produsen perangkat keras tersebut kabarnya tengah menyiapkan chip dari lini Phenom II X6 dengan nama Thuban.

Menurut rumor, Thuban merupakan penerus dari chip AMD yang mempunyai kode nama Dragon tersebutnya. Kabar lain juga menyebutkan, Thuban akan dikapalkan oleh AMD pada kuartal kedua di 2010 ini. Kendati saat ini belum diketahui mengenai isu yang tengah bergulir itu.

TechTree, Senin (1/2/2010), membeberkan kalau Thuban merupakan chip AMD yang berbasis di arsitektur k10. Kartu ini juga mempunyai kecepatan 128KB uang berjalan pada L1 cache, selain itu ada juga 512KB di L2 cache, serta 6MB yang berada pada L3 cache, namun untuk kecepatan ini AMD membaginya menjadi tiga 'otak'.

Selain itu, varian AMD Thuban untuk Phenom II X6 ini mempunyai fitur lain yang bisa diandalkan, di antaranya adalah fitur HyperTransport 3.X. Fitur tersebut terpasang pada memori DDR3 yang terpasang hingga dua chanel. Soal kecepatan, Thuban berlari dengan kecepatan 2400Mhz (4800MT/z).

Sebelumnya, seperti Thuban, platform Leo, oleh AMD juga sudah dipasangkan prosesor dengan 6 core. Perusahaan asal AS ini pun berharap 'auman' Leo mampu segarang platform sebelumnya, Dragon.

Platform yang ditujukan untuk desktop ini diklaim AMD berlari lebih baik daripada Intel Clarkdale yang berjalan pada 32nm. (tyo)

Sumber : okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 

Hyato_Mahasiswa Malang