Monday, February 1, 2010

Firefox, Browser Favorit Pengunjung VIVAnews

VIVAnews - Persaingan di industri browser semakin ketat. Internet Explorer, yang menurut data StatCounter pada Januari 2009 lalu menguasai pasar browser global dengan 65,41 persen, di Januari 2010 hanya memiliki 55,25 persen saja. Pangsa pasarnya tergerus Firefox, Chrome, dan Safari yang sedikit demi sedikit mulai meraih minat pengguna internet.

Bagaimana dengan di Indonesia? Di periode yang sama, tepatnya pada Januari 2009, ternyata hanya 24,37 persen saja pengguna internet yang menjelajah dunia maya lewat Internet Explorer. Sementara 64,32 persen pengguna internet di tanah air memanfaatkan Firefox.

Sampai Januari 2010, pangsa pasar Firefox terus naik menjadi 77,01 persen. Adapun Internet Explorer terus turun menjadi 9,3 persen saja. Lalu, bagaimana dengan pembaca VIVAnews?

Dari jajak pendapat yang VIVAnews gelar sampai akhir Januari 2010, tercatat bahwa Firefox memang merupakan browser yang paling banyak digunakan.

Dengan pertanyaan “Untuk menjelajah dunia maya, apa browser yang paling sering Anda gunakan?” ternyata lebih dari 60 persen pembaca mengaku memakai browser keluaran Mozilla tersebut.

Tepatnya 63,15 persen pengguna memakai Firefox, sementara di posisi kedua, sebagai browser paling digemari adalah Google Chrome. Angkanya mencapai 18 persen.

Yang menarik, browser terfavorit berikutnya adalah Opera dengan persentase sebesar 11,15 persen. Sementara Internet Explorer hanya digunakan oleh 5,75 persen peserta survey. Adapun 1,95 persen pengguna menggunakan browser lain.

Menurut data StatCounter, di Indonesia, pangsa Internet Explorer memang sudah tidak jauh di atas Opera (5,79 persen), Chrome (4,73 persen), dan Safari (1,23 persen). Dari keempat browser yang popularitasnya jauh dari Firefox tersebut hanya Google Chrome yang mencatat pertumbuhan sehat.
Bagaimana dengan pengguna mobile? Browser apa yang paling banyak digunakan? Menarik untuk disimak. Tetapi sebelum itu, VIVAnews akan menggelar survey ponsel jenis apa yang lebih disukai untuk menjelajah internet.


Sumber : VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

 

Hyato_Mahasiswa Malang