Monday, March 15, 2010

Memperbaiki Masalah LCD Laptop yang Mati

Terkadang gejala-gejala yang tiba-tiba membuat kita panik adalah ada masalah pada laptop kita, kenapa hal tersebut membuat kita terkadang langsung shock karena bingung tidak bisa memperbaiki, tidak pernah melakukan bongkar-pasang (bukan mainannya anak kecl lo), da selain itu terbayang2 laptop kita parah dalam kerusakan dan memerlukan banya biaya dalam melakukan perbaikannya...

Salah satunya yang menyebabkan kita langsung shock karena kerusakan pada laptop kita yang tiba-tiba mati...tapi powernya masih hidup...kenapa ya...??? Mau tau penyebab apa aja yang dapat membuat hal seperti itu...oke aku akan sediknya membagi apa yang sidikit banyak saya tahu dengan Laptop. Sehingga anda dapat melakukan perbaikan sendiri pada Laptop anda...Lumayan kan tidak perlu melakukan pengeluaran uang buat tukan service...(meski aku sendiri tukang service), hehehehe....

Begini awalnay yang anda laukakn jika LCD anda Mati, Trouble ato apapun lah...kecuali pecah lo...hehehe...
  1. Coba lakukan pematian power secara paksa, yakni lakukan tekan tombol power tahan sampai laptop anda mati..trus nyalakan lagi jika sudah nyala..maka anda hanya diharuskan setting power managemen pada Laptop anda..
  2. Matikan laptop anda seperti pada perintah no. 1, nyalakan lagi dan jika tetap tidak nyala, dan lampu indikator proses dan HDD tidak berkedip, coba lakukan pemeriksaan pada RAM anda mugkin ada masalah atau rusak, tidak perlu mambeli terlebih dahulu, coba pinjem ke temen anda RAM laptopnya, jika sudah nyala baru beli, kan sudah pasti RAM yang rusak. Namun jika anda melakukan pemeriksaan tersebut masih tetap tidak nyala, kemungkinan Mobonya yang rusak.
  3. Matikan Laptop anda seperti pada Cara diatas, kemudian nyalakan lagi, jika tetap tidak nyala, namun indikator lampu proses, dan HDD nyala dan kipas pada MOBO tetep nyala, berarti anda harus melakukan pemeriksaan pada Kabel Fleksibel pada Laptop anda, untuk pemeriksaan ini anda diharuskan membongkar penuh laptop anda, sehingga anda dapat mengganti kabel fleksibelnya, terkadang hanya dengan melakukan pelepasan trus dipasangkan langsung akan ada perubahan...

 Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada kendala ato saya ada kesalahan saya harap saran dan kritiknya ya....


 

23 comments:

mbah asem on July 20, 2010 at 7:37 PM said...

Nah, ini mau tanya bos aq pnya laptop axioo mnc 915c layar goyang ada garis vertical dibagian bawah nah sekarang lcd kalau dihidupin jadi blank merah terus putih dan blik normal tapi waktu mau klik menu jadi eror stop. Mohon pencerahan

blog_nya_jero on November 25, 2010 at 9:34 PM said...

Thq brother,,, Setelah baca artikel ini aq jadi bisa benerin laptop punya pacar!!! makasiiiiiih
AUW

dwipriyatmoko on November 26, 2010 at 8:05 AM said...

u/ mbah asem : selama ini saya belum pernah menghadapi masalah yang seperti itu, nah masalah seperti ini sulit jika hanya dibayang2kan aja...takut penyelesaiannya kurang sesuai...

dwipriyatmoko on November 26, 2010 at 8:06 AM said...

u/ blog_nya_jero : oke sama-sama,,,semoga artikelini dan yang lain juga bermanfaat.

Thq kunjungannya

Jaka Zulham on March 27, 2011 at 7:31 PM said...

saya mengalami seperti perihal nomoer satu diatas...
sudah saya coba hingga saat ini masih baikan aja.,


masih tunggu apa tindak selanjutnya .....

Achmad Riyadi on July 1, 2011 at 10:07 AM said...

kalo saya mas...
LCD Leppie saya tueh item setengah, gk stengah sieh tapi 1/3 layar, tapi anehnya, layarnya gk di ttupi sama item,nya, tapi resolusinya mengecil,
yang tadinya 12 inci jadinya cuman 10 inci...
gmana tueh bozz...

المكتبة الحكمة on July 4, 2011 at 9:03 PM said...

kalau laptop axioo saya LCD mati total, sementara lampu indikator nyala semua, dan ketika disambungkan dengan monitor, laptop tidak bermasalah. kesimpulan saya LCD Mati total....
gimana memperbaikinya....?

dwipriyatmoko on July 15, 2011 at 9:49 PM said...

@jaka : saya kurang menangkap maksud anda...kalau anda masih membutuhkan bantuan bisa kirim email aja, ato di ym saya...

@achmad : wah kejadian yang belum pernah aku temui...ow mungkin ada softwarenya, tapi aku lupa, biasanya di pake pada laptop yang menggunakan VGA selain intel bisa di atur, menjadi 1/3 layar, 1/2 layar untuk resolusinya...

@ : wah kalu begitu bisa karena kabel fleksibel nya rusak total, ato bisa juga LCD nya mati...jadi harus di ganti jika LCD nya yang mati

dora_love_emon on October 11, 2011 at 6:51 PM said...

om,aQ punya leppie HP Pavilion DV2000, LCD saya mati (cz jatoh)
tp td aQ idupin, eh terkdang bisa (tp lampu LCD.nya mati) terkadang gg da tampilan sama sekali..

tp aslinya sih leppieQ masih normal smw..
n touchpad saya jg gg bisa di gunain,,
knapa ya om,, please pencerahanx,,

ardli on November 9, 2011 at 9:41 PM said...

mas laptop saya sony vaio kadang kalau sedang nyala lampu lcd mati sendiri, sementara di intip di tempat terang laptop masih bekerja seperti biasa, jadi kesimpulannya lampunya aja, kalo di matiin trus di nyala ulang laptop tetap nyala tapi kadang mati lagi mati lagi.. itu gimana mas???

LUCKY on May 16, 2012 at 6:44 PM said...

UNTUNGLAH SAYA ENGGA PERNAH PUNYA MASALAH SOAL LCD LAPTOP,, SOALNYA ANE EMANG ENGGA PUNYA LAPTOP...

Maskur Hidayat on November 20, 2012 at 11:58 PM said...

bitacommenjual lcd laptop paling murah

Maskur Hidayat on January 21, 2013 at 2:40 PM said...

Bitacom tempat jual lcd laptop baru garansi 3 bulan sms 085711665051 kunjungi www.gantilcdlaptop.com

aulia maharani on April 22, 2013 at 6:45 AM said...

mau tanya gan...laptop ane g bs nyalka terang...dh ane settting ke maksimal kecerahannya mlah tmbah redup kl smp maksimal...kira2 apnya ya gan?

aulia maharani on April 22, 2013 at 6:47 AM said...

mau tanya gan...laptop ane dell inspiron 1420 g bs terang cahaya layarnya,,,kl di setting smpe maksimal mlah tmbah redup lagi kyk dr minimal...kira2 apanya ya?

aulia maharani on April 22, 2013 at 3:37 PM said...

askum gan...mau tanya nih...lepi ane dell inspiron 1420 tp tampilan layar g secerah kyk pnya tmn2 lainny..pas ane seting di tombol emang bs fungsi tp cm 4 strip dong..pas ane mau lbih cerah lg alias maksimal mlah jd redup lg layarnya...kira2 apny y gan ap di lampu ato inverter?

aulia maharani on April 22, 2013 at 3:37 PM said...

askum gan...mau tanya nih...lepi ane dell inspiron 1420 tp tampilan layar g secerah kyk pnya tmn2 lainny..pas ane seting di tombol emang bs fungsi tp cm 4 strip dong..pas ane mau lbih cerah lg alias maksimal mlah jd redup lg layarnya...kira2 apny y gan ap di lampu ato inverter?

aldi taher on May 21, 2013 at 4:25 PM said...

gan.. laptop saya LCD nya gak mau nyala itu gimana? padahal semua mesin nyala cuman LCD nya yang gak mau nyala

Aris Budiyono on July 12, 2013 at 8:38 AM said...

Gan numpang tanya, lcd laptop ane mati di bagian bawah tapi yang atas masih normal, cuma sebagian aja agak gelap.. kira2 masalahnya dimana dan cara mengatasinya

wahyu syuhelaeka on October 9, 2013 at 10:50 PM said...

Kloo laptop compag gmna bos

Gua nyalain,lmpunya. Nyala tapi lcd nya sma sekali mati

Muhammad Erdiansyah on November 25, 2013 at 11:07 AM said...

thanks bgt gan..
jadi dpt pencerahan dari sini..
Alhamdulillah lcd ane msih bisa idup lg

Jo Ajo on January 19, 2014 at 10:52 AM said...

sy punya 2 toshiba portege yang persis sama,yg satu lcdnya pecah,satunya portege kondisi sangat bagus dan normal....lcd portege yang normal sy coba pasang di portege yg lcd pecah...tapi ternyata lcd nya cuma nyala putih tapi klo colok ke eksternal monitor normal...kenapa begitu ya bos? kabel feksibel dan inverter sudah saya pindah,tapi tetep saja begitu....mohon pencerahannya...kalo bisa?

Jo Ajo on January 19, 2014 at 10:53 AM said...

sy punya 2 toshiba portege yang persis sama,yg satu lcdnya pecah,satunya portege kondisi sangat bagus dan normal....lcd portege yang normal sy coba pasang di portege yg lcd pecah...tapi ternyata lcd nya cuma nyala putih tapi klo colok ke eksternal monitor normal...kenapa begitu ya bos? kabel feksibel dan inverter sudah saya pindah,tapi tetep saja begitu....mohon pencerahannya...kalo bisa?

Post a Comment

 

Hyato_Mahasiswa Malang