Tuesday, March 9, 2010

Cara Memasang Dual HardDisk pada PC

Banyak orang menginginkan memori penyimpanan (harddisk) memiliki kapasitas yang besar yang sekiranya cukup untuk menyimpan semua file yang diinginkan, seperti lagu, film ataupun file-file yang memiliki kapasitas yang besar...Namun bagi yang keinginannya saat ini sudah mungkin hal tersebut tercapai, karena pada saat ini terakhir saya mengetahui ada HDD yang memiliki kapasitas sampai dengan 1 Terra, bahkan mungkin bisa lebih...bagi yang masih kurang dengan kapasitas yang super besar tersebut, ada jalan lain untuk mengatasinya yakni dengan cara melakukan penambahan HDD pada PC anda...namun untuk HDD yang baru (SATA) aturan yang berlaku tidaklah sulit untuk melakukan dual HDD pada PC, tapi pada HDD yang lama (IDE), pemberlakuan dengan penggunaan dual HDD sedikit lebih rumit, karena pada HDD yang IDE masih terdapatnya settingan menggubakan jumper HDD, Pengaturan tersebut berfungsi untuk mengatur (menentukan) hardisk mana yang akan menjadi master (tempat OS) dan hardisk mana yang menjadi slave, apabila kita menggunakan dua atau lebih hardisk... jadi saat booting sistem komputer akan boot langsung dari hardisk yang memiliki OS tersebut tanpa harus mencari dari hardisk yang lain. jamper master pada hardisk berarti hardisk itu dipakai sebagai progw/ window utama. sedang jamper slev berarti hardis itu sebagi hardisk kedua ata sebagai penyimpan data saja. bagaimana posisinya lihat label hardisknya.

Cara 1 untuk setting Dual HDD pada SATA
1. Anda Harus mengetahui secara pasti pada HDD mana OS anda terinstal.
2. Pasang kabel SATA HDD anda yang terinstal OS pada posisi SATA 1, agar anda mudah dan tidak perlu men-setting posisi HDD pada BIOS.
3. Jika sudah terpasang semua anda bisa langsung menggunakannya, namun setelah masuk pada layar destop di tunggu sampai dengan inisialisasi HDD pada HDD yang baru.

Cara 2 untuk setting dual HDD pada SATA
1. Anda Harus mengetahui secara pasti pada HDD mana OS anda terinstal.
2. Jika pada penyusunan kabel anda tidak urut, anda diharuskan setting HDD anda melalui BIOS, HDD yang terisi OS diharuskan terdapat pada posisi first(utama).
3. Setelah selesai setting BIOS melalui Configurasi HDD, anda bisa menggunakan HDD anda setelah inisialisasi HDD yang baru.

Cara 1 untuk setting dual HDD pada IDE
1. Sama seperti sebelumnya Anda Harus mengetahui secara pasti pada HDD mana OS anda terinstal.
2. Pasang Jumper anda pada posisi master untuk HDD yang berisi OS, sedangkan yang satunya lagi anda bisa meletakkan jumper pada posisi slave, atau amannya anda bisa melepas jumper tersebut.
3. Nyalakan komputer anda dan lakukan inisialisasi HDD sewaktu startup

Cara 2 untuk setting dual HDD pada IDE
1. Anda Harus mengetahui secara pasti pada HDD mana OS anda terinstal.
2. Jika pada penyusunan jumper anda tidak urut, anda diharuskan setting HDD anda melalui BIOS, HDD yang terisi OS diharuskan terdapat pada posisi first(utama).
3. Setelah selesai setting BIOS melalui Configurasi HDD, anda bisa menggunakan HDD anda setelah inisialisasi HDD yang baru.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, dan jika ada kesalahan atau cara-cara yang lebih praktis dan aman jangan lupa sharing ya....

49 comments:

Fian on July 9, 2010 at 1:09 PM said...

Oh iya,kalau cara memasang HD pd PC untuk IDE gmana? Soalnya pc ku kok kykna ga ada slot lg untuk sambungan ke HD baru? Sdangkan pcku msh pake HD master untuk OS ato kata lain cuma drive C: Aja..
Mhon bantuanya,jka berkenan tolong di reply ke email saya,soalnya ini lg ngepost pakai hp (vanz.4lpha@gmail.com)

dwipriyatmoko on July 25, 2010 at 6:06 AM said...

Oke insyaAllah akan saya jawab via email...semoga bermanfaat aja...

onlinemitid on August 24, 2010 at 7:22 PM said...

om bleh tanya?kompi gua bs buat hdd IDE dan SATA,kalo saya mau dual bisa ga?slama ini saya pake hdd yang IDE tp mau nambah sata.setingannya gimana kira2.trims

dwipriyatmoko on August 25, 2010 at 3:51 AM said...

Misal pake dua HDD dengan fasitas IDE atau SATA bisa aja kok, biasanya kalau default apa bila sata dan ide dipasang yang booting awal yang sata, jadi yang ada OSnya ditaruh di sata aja, biar jalan normal. Tapi jika set biosnya yang first boot yang ide, ya tinggal ganti di configurasi HDD pilih yang first bootnya yang ada OS nya. Terima Kasih

Unknown on November 24, 2010 at 10:08 AM said...

Awalnya PC saya hanya 1 HDD IDE, saya mau tambah 1 HDD Sata, karena tdk ada fasilitas utk tambah HDD Sata pada MB, maka saya pasang PCI Sata Controller. Setelah semua terpasang dan driver untuk PCI Sata terinstall, tapi HDD yang baru tdk terdeteksi oleh BIOS dan PC tetap booting dari HDD lama.Bagaimana solusinya agar booting dari HDD Sata yg baru dan BIOS bisa mendeteksi HDD tsb. Terima kasih

dwipriyatmoko on November 26, 2010 at 8:08 AM said...

U/ Jatmin : apa jumper pada HDD yang IDE udah dilepas?

Unknown on November 26, 2010 at 9:01 AM said...

Jumper pada HDD IDE saya pasang di pin yang ada huruf S tadinya di M, apakah memang sebaiknya dilepas saja ?

dwipriyatmoko on November 26, 2010 at 9:38 AM said...

U/ Jatmin : Yup coba aja jumper lepas semua...

Unknown on November 29, 2010 at 11:23 AM said...

Jumper sdh dilepas tapi BIOS tetap tidak bisa mendeteksi HDD Sata, jadi tetap booting lewat HDD Ide dengan OS Windows XP Home Edition dan juga tdk bisa mendeteksi HDD Sata yang saya pasang, bagaiman solusinya nih, ada yg bisa bantu.

dwipriyatmoko on December 3, 2010 at 8:34 PM said...

kenapa ya, aku tidak bisa melihat secara langsung jadi ini masih mengira-ngira aja...kalau domisili di malang apa bisa saya check langsung???

Saham Gorengan on December 6, 2010 at 6:24 PM said...

Assalamu'alaikum...
gan, numpang tanya, saya rencana mau nambah hardisk juga. hardisk yang lama IDE sudah terinstall OS. ni mau nambah, di MB ada port buat yang sata. rencananya mau saya belikan hardisk baru Sata. cara masangnya gimana. apa tinggal masang di port yang sata?
nanti hardisk yang baru kebaca apa?

trus apa bedanya hardisk yang 2.5" dan 3.5"?

Saham Gorengan on December 6, 2010 at 6:24 PM said...

Assalamu'alaikum...
gan, numpang tanya, saya rencana mau nambah hardisk juga. hardisk yang lama IDE sudah terinstall OS. ni mau nambah, di MB ada port buat yang sata. rencananya mau saya belikan hardisk baru Sata. cara masangnya gimana. apa tinggal masang di port yang sata?
nanti hardisk yang baru kebaca apa?

trus apa bedanya hardisk yang 2.5" dan 3.5"?

dwipriyatmoko on December 12, 2010 at 6:01 PM said...

tinggal pasang aja bos, langsung tancapin di port satanya, bisa yang port sata1 ato lainnya...kalo mau yang primary yang IDE coba setting di BIOS bos...HDD 2,5" tu buat laptop, yang 3,5" buat PC

cnn.generation on February 10, 2011 at 4:03 PM said...

Assalamu'alaikum...
ka' sy ingin memasang dua hardisk, hardisk yang di pc lama HD SATA trus yang baru SATA juga...
trus saya coba cara booting bios ternyata biosnya laen, tdk seperti biasanya gmn tuh..?

tolong jawabannya

Noe on February 18, 2011 at 5:14 PM said...

berpengaruh g sma kinerja komputer jika kita pasang 2 HD dalm satu komputer...???

dwipriyatmoko on February 18, 2011 at 6:08 PM said...

@cnn.generation : wah, kalau bios setau saya tidak da pengaruh dengan pergantian HDD seperti yang anda ceritakan, karena IC bios terletak di Mobo, jadi pada bios hanya berpengaruh saat setting first bootnya dari HDD yang mana

dwipriyatmoko on February 18, 2011 at 6:10 PM said...

@ aris : Gak ada masalah kok jika anda memasang dual HDD pada 1 PC, tapi jika prosesor yang adna gunakan celeron, lebih baik jangan, kasihan prosesornya, menurut pengalaman saya, jika pake cleron yang ada drive jika di pasang lebih dari standart akan malameh kinerjanya

Anonymous said...

di PC ane ada dua hdd, SATA sama IDE, untuk OS ada di SATA. nah waktu ane install win 7 bootingnya lancar2 aja dan lumayan kenceng, tapi waktu ane balikin ke win xp, booting sama startup nya jadi agak lambat. kira2 kenapa ya?

dwipriyatmoko on February 25, 2011 at 11:21 AM said...

jumper pada HDD yang IDE kamu lepas aja bos, trus coba apa masih lambat, kalo masih lambat coba anda anstal ulang xp nya, karena nurut ane sebenarnya gak ada masalah kok, dengan mengasumsikan mobo anda tidak ada masalah...

adilawcoy on February 25, 2011 at 5:06 PM said...

Gan,mau tanya klo komputer baru dinyalain keluar tulisan Insert system Hardisk kenapa yah?

dwipriyatmoko on March 24, 2011 at 6:08 AM said...

coba anda cek HDD apa bila menggunakan HDD lain apa tetap mengeluarkan tulisan itu?

Ki YUSWA on April 18, 2011 at 9:27 AM said...

trim infonya....

Anonymous said...

Saya pakai Prosesor AMD LE 1100 kuat gak gan untuk dual hardisk? skrg pakai sata 250 GB, pengen nambah lg yg 500 GB. makasih banyak jawabannya. semoga sukses selalu.

Anonymous said...

Saya pakai Prosesor AMD LE 1100 kuat gak gan untuk dual hardisk? skrg pakai sata 250 GB, pengen nambah lg yg 500 GB. makasih banyak jawabannya. semoga sukses selalu.

Anonymous said...

Saya pakai Prosesor AMD LE 1100 kuat gak gan untuk dual hardisk? skrg pakai sata 250 GB, pengen nambah lg yg 500 GB. makasih banyak jawabannya. semoga sukses selalu.

azzatz on April 26, 2011 at 11:07 AM said...

Kalo memasang 2 dvd room posisi jumper slave dan masternya gima? balas ya ke azzatz46@gmail.com kalo bisa ma gambarnya. tq di tunggu

dwipriyatmoko on May 11, 2011 at 3:00 PM said...

@irfan di coba aja dulu gan insy kuat...cz ane kan juga gak semua prosesor pernah coba, jadi gak ada salahnya gan di coba dulu...

@ajat : untuk jumper di DVD bisa dilepas aja gan...biar pasti bisanya...


makasih kunjungannya

Albert Sudaryanto on June 14, 2011 at 2:37 PM said...

Oke Gan aku Coba Dulu :)

dwipriyatmoko on July 15, 2011 at 9:52 PM said...

@bosgentos : oke makasih kunjungannya gan...

Fajar on September 4, 2011 at 11:00 AM said...

gan.. mau tanya.. saya baru beli HDD sata yg 500gb.. HDD yg lama itu ATA... nah pas saya pasang hdd yg baru ( HDD yg baru dah saya colokin ke MoBo am Power supply) jadi seconday dan yang lama tetep primary... tapi kenapa HDD sata saya yg baru ga ke detect ya?? saya bnung gan... thx gan udah dah mo baca... mohon bantuannya... :)

Dizy on November 6, 2011 at 10:35 PM said...

terima kasih infonya,Kak Dwi...

Nanang Kunaefi on December 30, 2011 at 8:37 AM said...

Gan Hardisk saya kena Virus discan juga ngga kena, terus masuk ke SAFE MODE juga ngga bisa, sekarang saya pengen scan pake PC lain, cara masang/settingnya gimana di PC yang akan saya pasang Hardisk yang kena virus itu..? mohon pencerahannya...

ganz on January 6, 2012 at 10:52 AM said...

om mau tanya boleh ga??
saya mau pasang hdd 2 satu emang bawaanya ide
dan satu lagi punya kompi lama..
nah yang mau di pasang ntu punya kompi lama ada OSnya xp..yang udah kepasang windows 7 di kompi saya..pas saya ikutin petunjuk om malah ada tulisa disk failure insert bootable disk..gtu om gmna ya biar tu hdd bisa di pake,,

pistonkiller.inc on February 21, 2012 at 12:27 PM said...

assalamualaikum..
om saya punya HDD ata sama sata..PC yg saya gunakan itu untuk sata..di karenakan HDD yg ata lebih kecil kapasitasnya jadi saya pengen yng ata itu jd primary dan yg satanya jadi slave..saya bingung karna slotnya beda..
mohon bimbingannya om.. trims
wass..

hendri on March 20, 2012 at 9:29 AM said...

fajar : setau ane pke kabel pertama taru di hdd sata dn yg ke 2 ke hdd ata. .klo bisa setting lewat bios aja gan yg mna master yg mna scondary . KGB lupa si hdd sata dah ada cendol 2 windowsnya pst! ! semoga membantu

nanang: klo eror krna trkena virus masih bisa di perbaiki klo gk salah ada softwarenya cari aja di google gan! !


ganz : jgn lupa gan yg mana primery dn scunder klo primery paling prtma dan jgn lupa setting biosnya yg mna hdd yg ada osnya yaitu yg prtama prymary master. .


piston kiler : pale cable sata aja gan yg udah pas sma slotnya tp jgn lupa klo mw pake hdd sata harus tau yg mana dijadikn primery dan jgn lupa osnya gan di hdd sata buat prmarinya . .

Unknown on January 6, 2013 at 12:12 AM said...

juragan kalu hardisnya 2 dengan tipe yg sama dimana cara pasang nya ......dan cara seting nya melalui bios

Unknown on February 18, 2013 at 2:17 PM said...

terima kasih tutorialnya silakan mampir lagi di motogp unsri ac id

Unknown on February 21, 2013 at 9:52 AM said...

terima kasih atas info nya,,
akan lebiih baik anda kunjungi situs kami http://unsri.ac.id

Unknown on February 21, 2013 at 9:52 AM said...

terima kasih atas info nya,,
akan lebiih baik anda kunjungi situs kami http://unsri.ac.id

BGDelis on February 24, 2013 at 9:51 AM said...

Saya pake 2 HDD (500 GB 3 partisi dan 300 GB 1 partisi) Yang 500GB dicolok ke slot SATA 2 yang 300GB dicolok ke SATA 3. SATA 1 ke DVD Drive. Komputer selalu hang dan akhirnya putus aliran ke yang 300GB kalau harddisk itu diakses misalnya nyimpen data atau ngambil data. Apa kira2 penyebabnya ya ? Kalau tidak diakses windows lancar2 saja. Trims...

Unknown on March 23, 2013 at 11:25 AM said...

Mantap om sarannya...slavenya di lepas jalan lagi tuh..thx infonya....

Liatronic on April 28, 2013 at 7:42 AM said...

thanks gan

Unknown on August 8, 2013 at 6:17 PM said...

gan mau tanya.,.,
saya punya hdd yg satu buat C dan satu buat D,
sebelum dipasang jumper pada D, bios tidak bisa membaca semua HDD, tp sudah saya lakukan cara yang sepeti agan, yang jumper ditaruk di D (slave), eh malah yang D tidak terbaca, apakah penempatan jumper bisa berakibat HDD rusak gan?

Unknown on October 4, 2013 at 5:16 PM said...

om pengen ngikut nanya nie, ane mau pasang dual hardis, yang OS nya SATA yang buat data IDE kira2 pc kuat ga ya, mohon pencerahannya om.

Unknown on November 10, 2013 at 11:25 PM said...

Mas klw psu ny cma 450 wat bsa nggak mkek 2 hd..

Unknown on November 10, 2013 at 11:26 PM said...

Mas klw psu ny cma 450 wat bsa nggak mkk 2 hd

Unknown on November 10, 2013 at 11:27 PM said...

Mas

Unknown on February 10, 2014 at 3:13 PM said...

saya coba pasang hardisk yg kedua dari komputer pentium 4 pertamanya baek baek saja tapi setelah beberapa menit komputer mati idupp mati setelah dilepas hardisknya kembali normal.....
tolong pencerahannya biar bisa dipake gmn solusinya thanks

Unknown on February 10, 2014 at 3:17 PM said...

kalo pasang 2 hardisk agar bisa dipake dengan normal gimana ya saya pasang 2 hardisk awalnya baek baek saja setelah saja buka file E dan F selang beberapa saat komputernya mati di hidupkan cuma keluar data data berulang ulang data bios sistem normaly dan terus berulang2 , setellah kabel hardisk ke dua dicabut (dimatikan) komputer kembali normal

Post a Comment

 

Hyato_Mahasiswa Malang