Wednesday, April 7, 2010

Apa Sih yang Dimaksud Domain dan Hosting ???

Memeng untuk posting saya kali ini mungkin sudah basi dimata orang-orang penggila internet ataupun orang-orang yang sudah memiliki website sendiri. Namun banyak juga yang kurang begitu tau tentang apa itu sih yang disebut domain, apa sih yang disebut hosting? Untuk posting saya kali ini setidaknya akan sedikit membahas tentang apa itu Domain, dan apa itu Hosting. Karena kedua hal ini sangat penting dalam dalam pembuatan website sendiri.

1. Apa itu Domain?

Domain merupakan nama unik/alamat untuk website anda, domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Banyak orang juga mengartikan sebuah domain itu sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nah semisal begini, anda membuka halaman website yang beralamat di http://www.blogger.com/ itu artinya alamat websitenya blogger itu dialamatkan di http://www.blogger.com/.

>> Cara memiliki Domain
Domain bisa kita miliki secara gratis, ataupun dengan membeli/menyewanya. Untuk yang gratisan, anda bisa mencarinya di google search dengan kata kunci free domain, domain gratis, etc lah yang semacam dan serupa. Salah satu domain gratis terbaik yang saya rekomendasikan adalah domain dengan ekstensi .co.cc. Langsung saja klik www.co.cc dan lakukan pendaftaran pada website tersebut. Didalam proses pendaftaran atau pembuatan nama domain, saran saya jangan menggunakan nama domain yang panjang semisal "dwipriyatmokomahasiswamalangyangcakep.co.cc" (hehehehe, sedikit narsis ya?), kenapa jangan menggunakan nama domain yang seperti itu, karena dimungkinkan salah ketik, sulit untuk diingat orang, etc. nah saran saya pakai saja inisial anda yang setidaknya banyak orang melihat dan dimungkinkan cepat hafal seperti "hyato.co.cc" nah lebih singkat kan?

Selain domain yang gratis itu ada juga domain yang berbayar, namun murah klik saja disini untuk mendaftarkan atau mendapatkan domain berbayar (saya jamin murah dan komplit dah). Sangat banyak kelebihan yang didapat jika anda memakai domain gratis atau domain yang berbayar...

2. Apa itu Hosting

Hosting atau biasa disebut sebagai web hosting adalah layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data-data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja. Data web tersebut meliputi file-file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web. jika anda ingin mendapatkan web host yang sangat lengkap dengan fasilitas2 yang ditawarkan, anda bisa mendaftar di http://www.000webhost.com/, nah website tersebut menawarkan fasilitas yang sangat lengkap untuk webhost yang dikatagorikan gratis...

Dalam memilih hosting ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
  1. Kapasitas: Anda perlu memperhatikan bearapa kapasitas yang dibutuhkan, apakah 25MB, 50MB atau 1GB. Anda harus memilih dengan cermat sesuai kebutuhan karena tentu saja semakin besar kapasitas biayanya semakin mahal.
  2. Teknologi yang digunakan: Apakah servernya Linux atau Windows, dan jika anda membuat file PHP apakah hostingnya mendukung file PHP? Demikian juga apabila anda membuat web menggunakan ASP, JSP, Perl, Python, dan Ruby apakah hostingnya mendukung? Karena itu anda harus teliti sebelum membeli, tanyakan langsung pada perusahaan hosting yang ingin anda beli. Jangan sampai anda membuat website dengan PHP tetapi anda membeli hosting yang tidak mendukung PHP.
  3. Suppot: Periksa apakah perusahaan hosting yang ingin anda beli memiliki layanan support yang baik selama 24jam, jadi apabila tengah malam tiba-tiba anda mendapat masalah dengan website anda maka anda dapat menanyakan langsung kepada perusahaan hosting anda.
  4. Database: Apabila anda membuat website dinamis, pastikan anda memeriksa apakah mereka menyediakan database. Periksa juga berapa jumlah database yang disediakan dan apa saja apakah MySQL, PostgreSQL, Access dll.
  5. Backup: Apakah hosting anda membackup data anda setiap hari. Ini penting karena ada banyak hosting kurang ajar yang tidak melakukan back up dan apabila data anda tiba-tiba hilang mereka tidak mau tahu (saya pernah mengalaminya).
  6. Bandwith: Anda harus memeriksa kapasitas bandwith yang disediakan. Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan. Kira-kira begini maksudnya. Apabila sebuah perusahaan hosting menyediakan bandwith 1GB sebulan. Maka apabila anda memiliki sebuah file HTML dengan ukuran 20kb (sudah termasuk images) dan pengunjung website anda perhari sekitar 100 orang, maka anda menghabiskan bandwith perhari: 20kb x 100orang = 2000kb =2MB. Perbulan: 2MB x 31 = 62MB, apabila anda memiliki 10 halaman maka: 62MB x 10 = 620MB. Jadi perhatikan bandwith yang disediakan dengan ukuran file HTML anda, apabila pengunjung website anda semakin banyak tentu saja bandwithnya juga akan semakin besar. Kebanyakan hosting Indonesia menyediakan bandwith yang kecil, hosting luar negeri menyediakan bandwith yang lebih besar dan murah.
Nah demikian yang dapat saya jelaskan sedikit tantang pengertian domain, Hosting dan sebagai bonus saya juga memberikan saran apa saja yang harus diperhatikan dalam pemilihan webhosting.

** Terimakasih, dan posting selanjutnya akan saya bahas cara mendaftar domain, dan bagaimana cara mendaftar pada webhosting....saya tunggu saran dan kritiknya...

0 comments:

Post a Comment

 

Hyato_Mahasiswa Malang