Monday, January 25, 2010

Tips Membuat Password Yang Bagus Dan Aman

Jika ada yang berpendapat bahwa memproteksi data dengan password berarti sudah aman, itu kurang tepat. Kenyataannya sudah banyak cara untuk dapat mengetahui (menjebol) password. Oleh karena itu kita harus selalu waspada dan harus mengetahui bagaimana cara membuat password yang bagus dan aman

Penulis sempat mencoba memberi password pada sebuah dokumen Microsoft Word, lalu mencoba menggunakan sebuah aplikasi / software recovery password yang berfungsi untuk menjebol password. Percaya atau tidak, tidak sampai hitungan menit password dokumen tersebut berhasil ditemukan. Bisa kita bayangkan jika dokumen kita yang berisi nomor kartu kredit, nomor PIN dsb dapat dijebol orang, suatu hal yang seharusnya tidak boleh terjadi.

Jika kita akan membuat sebuah password, ikuti langkah berikut:
Panjang password minimal 8 karakter. Semakin panjang semakin bagus
Password harus terdiri dari huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Contoh simbol adalah spt tanda *, ?, #, $ dsb.
Ganti password kita dalam jangka waktu tertentu, misalnya 6 bulan sekali atau setahun sekali


- Contoh password yang kurang bagus dan tidak aman: Yusup
- Contoh password yang bagus dan aman: Yu*5U#p;)

Membuat password dengan diberi karakter huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol memang agak susah untuk kita ingat, tapi kita bisa menyimpannya ditempat yang aman. Selain itu juga kita harus mempertimbangkan terhadap pentingnya dokumen yang kita buat. Jika kita membuat password dengan langkah-langkah diatas maka password kita akan 'susah' dijebol meskipun memakai software recovery password sekalipun.
Semoga bermanfa'at.

0 comments:

Post a Comment

 

Hyato_Mahasiswa Malang