Friday, January 29, 2010

Penelitian Kamera Mini Sebagai Pengganti Kaca Spion


KAMERA MINI SEBAGAI PENGGANTI KACA SPION MOBIL
MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN JAVA
Dwipriyatmoko1,  Ratna Agustyasari2
Saat ini kaca spion pada mobil  mulai terasa kurang efektif dalam berkendara. Hal ini disebabkan karena dalam mengemudi mobilnya, pengemudi harus mengalihkan pandangannya pada tiga titik kaca spion pada saat yang hampir bersamaan untuk mengamati keadaan di sekelilingnya. Dari permasalahan di atas maka muncul suatu ide untuk menciptakan suatu sistem digital yang berguna menggantikan fungsi kaca spion pada mobil. Sistem tersebut mengganti kaca spion yang terdapat  pada mobil dengan kamera mini yang akan mentransmisikan gambar yang didapat ke monitor LCD yang ada di dalam mobil. Metode yang digunakan dalam proses pengerjaan proyek ini yaitu menggunakan Java Media Framework (JMF). Hasil dari pengerjaan proyek ini adalah software yang dapat menggantikan fungsi kaca spion dengan lebih banyak keuntungan dari segi penggunaan, kebenaran gambar dan kepraktisan. Jadi dengan sistem ini dapat menambah kemudahan dan kenyamanan pengemudi dalam mengendarai mobilnya. Sistem ini mempunyai beberapa fungsi utama seperti:
a.      Record Video
Fitur ini digunakan untuk melakukan record terhadap hasil tangkapan kamera dengan hasil akhir berupa video.
b.      Capture Image
Fitur ini digunakan untuk melakukan capture terhadap hasil tangkapan kamera dengan hasil akhir berupa gambar.
c.       Capture Berkala / Burst Image
Fitur ini digunakan untuk melakukan zoom in dan zoom out video hasil tangkapan kamera selama perjalanan. Fungsi zoom tidak berlaku ketika perjalanan telah selesai.
d.      Save Image dan Save Video
Fitur ini digunakan untuk menyimpan gambar dan video hasil tangkapan kamera ke dalam harddisk sistem sehingga gambar dan video bisa dilihat kembali setelah perjalanan selesai.
e.      Play Video dan Play MP3
Fitur ini digunakan untuk menampilkan video dan gambar yang telah tersimpan ke  dalam harddisk setelah perjalanan selesai.
Anda merupakan penggemar program java? Apa ada yang berminat untuk melanjutkan penelitian yang saya lakukan ini, atau ada yang ingin mendapatkan program ini untuk untuk dibuat Tugas Akhir… Anda dapat menghubungi Contac Person yang tertera pada Blog ini… Terima Kasih.

1 comments:

Anonymous said...

Bos, ane minat dengan penelian ente, bisa minta modulnya?? gratis ato beli bos.. trima kasih.

Post a Comment

 

Hyato_Mahasiswa Malang